Penyetelan katup/valve

Cara Menyetel Katup Sepeda Motor 

gambar penyetelan katup
 (http://lukmannuel.blogspot.com/2018/04/cara-menyetel-klep-valve-speda-motor-4.html?m=1 diambil 11 Maret 2022)


        Dengan menyetel katup/valve pada mesin merupakan salah satu cara untuk meningkatkan performa dari sepeda motor. Menyetel katup sangat efektif dalam mengatasi motor kurang bertenaga. Karena dengan menyetel katup pada sepeda motor dapat bisa mengatur seberapa campuran gas yang berasal dari karburator yang bisa masuk dengan sempurna ke dalam ruang bakar mesin.

        Akibat kerja katup yang bekerja secara terus menerus membuka dan menutup mengakibatkan permasalah celah katup yang berubah dari spesifikasi. Seperti yang kita tahu bahwa katup pada sepeda motor berfungsi untuk mengatur masuknya campuran udara dan bahan bakar dalam mesin. Sehingga, jika pengaturan katup tidak sesuai spesifikasi berakibat performa mesin kurang optimal dan terasa kurang bertenaga saat berakselerasi.

        Berikut ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara kerja katup/valve dan cara untuk memperbaiki jika ditemukan kerusakan pada sepeda motor.

A. TUJUAN PENYETELAN KATUP/VALVE

         Menyetel katup bertujuan: 

        1. Menjamin efisiensi pemasukan campuran bahan bakar dan udara
        2. Menjamin efisiensi pembuangan gas sisa pembakaran.
       3. Menjaga kondisi pemasukan dan pengeluaran campuran udara dan bahan bakar serta gas sisa                   pembakaran agar sama atau hampir sama yang diharapakan. 
        4. Mengembalikan power atau tenaga yang dihasilkan motor seperti sedia kala.

B. AKIBAT KATUP/VALVE BERMASALAH 

        Pemakaian yang terus menerus akan mengakibatkan berbagai masalah pada sepeda motor, akibat tersebut dikarenakan celah tidak sesuai dengan spesfikasi standar. Celah terlalu renggang dan terlalu rapat yang mendasari permasalahan pada katup. Berikut ini penjelasannya:

    1. Apabila celah katup/valve terlalu renggang
        a. Tarikan motor terasa loyo saat berakselerasi 
        b. Mesin motor menjadi cepat panas 
        c. Motor susah dihidupkan atau distarter 
        d. Terdengar bunyi ngelitik saat motor dihidupkan 
        e Idle motor menjadi terganggu 
    2. Akibat celah klep (katup) terlalu Rapat 
        a. Kompresi mesin berkurang karena terjadi kebocoran
        b. Boros BBM 
        c. Mesin susah dinyalakan 
        d. Performa motor akan berkurang sehingga tarikan mesin  kurang bertenaga 
        e. Mesin motor tidak bisa langsam  dan paling parah dari klep terlalu rapat adalah konsumsi bahan             bakar yang menjadi sangat boros. 
     
        Apabila selama ini kalian merasa motor terasa kurang bertenaga, meski sudah menarik gas     dalam-dalam, maka besar kemungkinan diakibatkan oleh jarak katup yang terlalu renggang. Lebih parahnya lagi, mesin motor akan terasa cepat panas dan terdengar bunyi ngelitik yang sangat menggangu. Untuk mengatasi masalah tersebut maka maka perlu dilakukannya perawatan dengan cara menyetel dari celah katup agar sesuai dengan standar.

C. ALAT DAN BAHAN PENYETELAN KATUP/VALVE

        Cara menyetel katup Motor 4 tak (langkah) tidak begitu sulit asalkan kita mau belajar dan terus mencoba . Alat - alat yang akan kita butuhkan untuk penyetelan sebagai berikut :
Fuller gaug : untuk menyetel celah katup
    1. kunci Ring : untuk mengendorkan dan mengencangkan mur katup, ukuran kunci yang digunakan             sesuai kebutuhan ( 8,9,10,11)
    2. Kunci T : untuk memutar magnet , kunci sesuai kebutuhan
    3. Kunci Ajusting valve : untuk memutar dan menahan baut klep
    4. Kunci Ring 17 : untuk membuka baut lubang pengitai tanda magnet (lubang Navor)

Setelah kita siapkan alat-alatnya selanjutnya adalah penyetelan katup berikut langkah -langkahnya;
    1. Buka penutup katup intake dan exhaust
https://www.teknik-otomotif.co.id/cara-menyetel-klep-motor-honda/

    2. Buka lubang baut Magnet dan penutup gear poros noken/cam shaft
https://www.geraiteknologi.com/2021/05/cara-menyetel-katup-motor.html

        3.      Buka baut lubang pengintai tanda magnet ( lubang navor)

4  Selanjutnya kita putar magnet ke kiri menggunakan kunci T untuk motor transmisi manual sedangkan untuk motor Matic kita harus memutar ke kanan karena magnet ada di sebelah kanan. Kenapa harus begitu karena kebanyakan motor sekarang sudah memakai ADS jika kita salah  memutar ADS akan langsung bekerja akibatnya dapat merusak fungsi ADS. O

5.      Memutar magnet sampai langkah kompresi dengan tanda-tanda saat magnet diputar katup in bergerak turun lalu naik lagi, setelah itu magnet tetap diputar sampai tanda IT tepat terlihat pada lubang navor/ tepat dengan tanda penyesuai (posisi top kompresi).dan tanda gear noken as tepat dengan tanda penyesuai.

6.      Setelah seperti itu kita cek dengan menggerakkan katup in dan ex dua duanya harus kocak.

7.      Selanjutnya kita masukkan fuller gauge kedalam celah katup dengan ukuran sesuai spesifikasi motor yang akan kalian stel : untuk ukuran motor dengan cc dibawah 100cc kita menggunakan ukuran fuller gauge 0,05mm, untuk motor sport seperti gl dan sejenisnya ukuran 0,08mm, dan untuk motor dengan cc 150 ke atas menggunakan fuller ukuran 0,1mm. untuk penyetelan katup In terlebih dahulu kita kendorkan terlebih dahulu mur katup lalu masukkan fuller gauge ke celah katup dan kencangkan baut katup lalu kencangkan mur katup dengan ciri ciri apabila fuller gauge di tarik seret, dan apabila didorong fuller melengkung. apabila sudah seperti itu berarti penyetelan sudah benar.

8.      Untuk penyetelan katup ex lebih dilonggarkan sedikit dari penyetelan katup in. Karena saluran buang (ex) harus lebih lebar dari saluran masuk(in) setelah selesai penyetelan kita pasang kembali semua dan nyalakan mesin apabila suara mesin tidak kasar berarti kita sudah berhasil, apabila suara mesin kasar kita ulangi lagi.



#smktunasbangsatawangsari

#belajarbersama


Komentar